Powered By Blogger

Minggu, 30 Mei 2010

Bintang Daud Di Tugu Jogja



sudah lama saya mendengar perdebatan penggunaan bintang daud oleh beberapa orang. karena bintang itu adalah bintangnya orang yahudi, zionisme, atau apalah. pokoknya bagi orang yang terus mengikuti perkembangan di Timur tengah mengenai Israel dan musuhnya, lambang itu sangat mereka benci. apalagi penggunaannya di sekitar mereka. tapi mari kita coba cermati sebuah Tugu yang dibangun sudah lama dibangun di Jogja, yang kita sebut dengan Tugu Jogja. silahkan cek sendiri pada keempat sisinya. jangan kaget dan marah-marah tentunya dengan pemandangan yang sudah lama ada tersebut. pada keempat sisinya, terdapat Bintang segi enam, yang bukan hanya seperti, tapi sangat mirip dengan lambang yang beberapa orang tidak sukai itu, yaitu Bintang Daud, atau Star of David, yang terletak di tengah bendera Israel. Tugu itu pada awalnya berbentuk tabung yang meruncing ke atas, dan pada puncaknya berbentuk bulat. Namun oleh karena gempa tahun 1867 itu, tugu lama rusak total. pada tahun 1889 atau 121 tahun yang lalu maka terjadilah perombagan, dengan ketinggian 10-15 meter lebih rendah dari bangunan lama. sejak saat itu tugu tersebut disebut De Witt Paal atau tugu pal putih.
lalu apakah anda adalah salah satu orang yang pernah memeluk atau mencium tugu itu setelah anda lulus kuliah untuk mengungkapkan kesenangan anda? Atau hanya untuk mengungkapkan kecintaan anda pada Kota Yogyakarta? kalau jawaban anda adalah ya, maka silakan beri kesimpulan anda dibawah ini.

Semarang
Kristyo Siswandi
30 Mei 2010

5 komentar:

  1. emhhhh emang ada ya... tapi aku ragu terhadap maknanya, karena lambang itu mesti ada karena perombagan.

    BalasHapus
  2. Bagus lah, agar kita tahu bedanya Judaisme dg Israel. Beda antara Yahudi dg Zionisme. Beda antara Islam dg Teroris. Beda antara Kristianiti dg Kolonianisme. Beda antara Pandawa & Kurawa.

    BalasHapus
  3. coba deh search "tarekat mason bebas" dan mulailah ber andai-andai

    BalasHapus
  4. gw baru ngeh tuh,pdhl dah 2 tahan tinggal di jogja

    BalasHapus